Alamiah Ilmiah Illahiyah

Selasa, 19 Juni 2012

NASIHAT UNTUK ORANG SAKIT


Oleh :DR. ‘Ali bin Sulaiman Ar Rumaikhon
Saudaraku yang tengah sakit ! Semoga Allah memberimu kesehatan dan keselamatan dari segala kemalangan. Semoga pula Dia berkenan mengembalikan anda ketengah keluarga dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Sungguh, diantara sunnatullah terhadap makhluk ciptaan-Nya adalah bahwa Dia menguji mereka dengan berbagai musibah dan bencana. Hal ini bisa menimpa badan, harta, ataupun anak-anak kita. Tentunya anda tahu bahwa kesehatan dan keselamatan jasmani merupakan hal yang paling vital yang di damba setiap insan, sekalipun ia harus menanggung rugi kehilangan semua harta bendanya, demi mewujudkannya.
Saudaraku ! Allah SWT berfirman : “ Dan apa saja yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendir, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan - kesalahanmu.” (QS : Asy Syuuro<42> : 30 ). Ayat ini menunjukan bahwa musibah ataupun penyakit merupakan hukuman dari Allah yang disebabkan oleh tindak maksiat seorang hamba terhadap Allah, Sang Kholiq.
                Rasulullah SAW bersabda : “Tidaklah satu kepayahan menimpa seorang muslim, tidak pula keresahan, kegundahan, tidak pula kesedihan, hingga satu tusukan duri yang melukainya, melainkan pasti Allah akan menghapuskan berbagai kesalahan darinya.” (HR. Bukhari Muslim). Hadits ini mengindikasikan bahwa satu penyakit atau musibah merupakan kaffaroh (penghapus) berbagai dosa yang dilakukan oleh seorang hamba.
                Dihadits lain Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang Allah menghendaki kebaikan kepadanya, Allah akan menimpakan musibah kepadanya.” (HR.Bukhari). Berangkat dari hadits ini, kita ambil kesimpulan bahwa satu penyakit atau musibah, bisa saja merupakan satu tangga untuk tercapainya derajat yang tinggi seorang hamba di akhirat  kelak. Maka dari itu, jika engkau termasuk orang yang bergelimang dengan kemaksiatan, engkau harus bertaubat dan menyesali atas segala yang telah berlalu dari dirimu. Dan jika engkau termasuk jajaran orang yang taat, teruslah berbekal  diri dengan berbagai amal ketaatan.
                Saudaraku yang tengah menderita sakit !
         Rasulullah SAW makhluk terpilih pun juga ditimpa musibah. Demikian pula para nabi sebelumnya. Namun demikian, hal itu tidak menambahkan pada dirinya kecuali kecintaan dan keridhoan kepada Allah SWT.
Kuucapkan selamat bagi siapa saja yang bersabar dan mengharapkan pahala dari sisi Allah, sehingga ia berhasil menggenggam ridho Allah dan pahala-Nya.
                                                                ========================================
Semoga Lekas Sembuh ~ " Likulli Dain Dawaun " ~ Setiap Penyakit pasti ada Obatnya kecuali Tua dan Mati  
 "Dan Apabila Aku sakit, Dialah yang Menyembuhkanku " (Qs 26 : 80) Setiap musibah Penyakit serta Penyembuhannya datang daripada Allah SWT, Dialah  yang bersifat As Syafi,  Jadikan Sakit sebagai sarana instropeksi diri, Jadikan Sabar & Sholat sebagai penolong kita                                                                   
Rukun Penyembuhan : Keyakinan, Amalan Berketerusan, Dosis Obat Cukup, DOC insya Allah sembuh 
 Tahap penyembuhan  : Sholat, Doa, Dzikir, Bersedekah, Seni Pencegahan, Ikthtiar yang betul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar